Garut Lampung memiliki berbagai keunggulan - Purbalingga Jawa Tengah

Istilah domba Garut Lampung mengacu pada jenis domba yang dibudidayakan di Lampung. Domba Garut memiliki nama ilmiah Ovis Aries Merupakan hasil persilangan domba lokal Capstaad yang juga dikenal dengan nama Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering di adu atau di adu.

 

Ada banyak studi penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis hewan ini. Misalnya untuk menentukan pertanyaan mengapa domba Garut merupakan jenis domba yang paling dikenal. Tidak hanya terkenal secara lokal dan nasional, tetapi terkenal di seluruh dunia.

 

Kajian penelitian tersebut salah satunya berupa buku berjudul Asesoris dan Aksesoris Domba Garut yang dirilis melalui Unpad Press. Buku ini mengungkap domba Garut Lampung memiliki ciri khas yang tidak dimiliki hewan lain. Ini termasuk bentuk telinga, desain ekor, dan kulit yang menunjukkan keunikannya.

 

Membahas Sektor Ekonomi Domba Garut ternyata sangat mampu mengangkat nilai ekonomi ternak. Banyak peternak yang sukses dan mampu bertahan menghadapi krisis ekonomi yang tidak menentu (seperti pandemi) yang mengandalkan penjualan domba Garut.

 

Hal itu juga didukung dengan pangsa pasar tersendiri untuk domba Garut. Hebatnya, beternak domba Garut bisa menjadi modal atau usaha sampingan bagi para peternak. Dengan keturunan genetik yang kuat dapat mempercepat perkembangan secara cepat dan drastis.

 

Keunggulan Garut Lampung

 

Menyadari banyaknya peluang beternak domba Garut yang masih sangat besar, salah satu hal penting yang harus dimulai adalah indukan. Peternakan Gibas Barokah menjual domba Garut di Lampung dengan kualitas genetik 100% lokal. Berbeda dengan domba potong atau domba perah pada umumnya, domba Garut memiliki kekhususan dan keunikan tersendiri.

 

Domba Garut termahal yang pernah tercatat pernah dibeli di atas 120 juta rupiah. Hewan tersebut dimiliki oleh seorang peternak di daerah Bandung, Jawa Barat. Ibarat binatang berkelahi, salah satu faktor yang menentukan harga adalah kelincahan mereka di arena pertempuran.

 

Faktor lainnya antara lain kondisi genetik pada postur tubuh, posisi tubuh, bentuk tanduk dan perawatan kesehatan dari breeder itu sendiri. Ketika domba juara yang sudah pensiun berhenti bersaing, biaya untuk menghasilkan keturunan akan sangat tinggi. Karena menghadirkan bibit-bibit terbaik dari breeder-breeder yang juara.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah beberapa keunggulan domba Garut Lampung yang harus Anda ketahui.

 

1. Memiliki Pangsa Pasar Yang Stabil

Permintaan domba Garut Lampung tidak pernah surut. Sehingga peternak yang fokus pada budidaya wol Garut memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang. Padahal, harga jual domba jenis ini cenderung terus meningkat.

Oleh karena itu, banyak peternak yang mengambil domba Garut dengan kualitas yang sangat unggul untuk dijadikan indukan. Merupakan aset investasi masa depan untuk membentuk dinasti breed domba terbaik dengan harga tinggi.

 

2. Memiliki pengikut sendiri

Pada umumnya digunakan susu, daging, kulit, dan kotorannya. Ternyata, kehebatan domba Garut tidak berhenti sampai di situ. Domba Garut juga unggul sebagai juara di ajang adu ketangkasan.

 

Saat Anda memandangi bentuk rambut yang montok dan indah, tentu akan menimbulkan kesan menarik. Tanduk itu, bagaimanapun, memiliki tujuan tersendiri, yaitu menjadi senjata yang dapat digunakan untuk memukul jalu pada kaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih panjang dan tahan lama dibandingkan dengan jenis tanduk domba lainnya.

 

3. Memiliki Harga Fantastis

Domba Garut termahal dan terbesar bisa disamakan dengan harga mobil baru, yakni ratusan juta rupiah per ekor. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, potensi ekonomi domba Garut sungguh luar biasa. Pasar tidak hanya melihat penampilan dagingnya, tetapi juga kemampuannya untuk tampil dalam kompetisi ketangkasan.

 

Harga domba garut juara itu seperti harga bola salju. Pasalnya, harga anakan dari keturunan domba juga cukup mahal. Sehingga ketika sebuah peternakan memiliki domba garut unggulan, selain terkenal, juga memberikan keuntungan ekonomi yang luar biasa.

 

4. Perawatan Mudah

Pemeliharaan domba Garut Lampung mirip dengan pemeliharaan domba pada umumnya di area kandang maupun dari segi teknis. Berbeda dengan pakan, domba Garut membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dan serat yang lebih banyak. Diet tinggi serat akan membangun otot, daging dan pertumbuhan tulang dan tanduk domba.

Karena itu, kandungan lemak domba Garut jauh lebih rendah. Yang memungkinkannya menjadi pilihan ideal untuk menggunakan daging, untuk keperluan kurban atau lainnya. Bobot domba Garut terbesar super jumbo kelas A, mampu melebihi 100 kg dengan usia rata-rata hanya 2 tahun!

 

5. Domba Garut Lampung Mudah Di Pemasaran

Domba Garut populer di seluruh Indonesia khususnya karena diberi keistimewaan tambahan ksi menjadi hewan agresif.

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Minimalis Unicon Jawa Tengah: Tampilan yang Menarik dengan Keamanan yang Terjamin

Ini dia beragam makanan tradisional dari Sukoharjo provinsi Jawa Tengah

Membiakkan Domba Dorper akan menciptakan kekayaan bagi Anda - melalui pemeliharaan Dorper medan